dokter spesialis batu empedu

Pengobatan Batu Empedu Dengan Bedah Laparoskopi

Posted on

dokter spesialis batu empedu

Penanganan atau pengobatan batu empedu dengan cara bedah laparoskopi adalah teknik pembedahan untuk mengangkat batu empedu dan sangat direkomendasikan oleh dokter bedah digestif (dokter spesialis yang menangani penyakit batu empedu) sebagai jalan penyebuhan penyakit batu empedu karena memberikan berbagai keuntungan bagi pasien.

Menurut para dokter spesialis gastro, bedah laparoskopi merupakan jalan keluar bagi pasien yang takut dengan proses dan efek samping pembedahan konvensional. Bedah laparoskopi menjadi metode pembedahan modrrn yang dapat dipilih oleh pasien penderita penyakit batu empedu

Mengenal Penyakit Batu Empedu Lebih Dekat

Jangan remehkan penyakit batu empedu yang menyerang Anda. Apakah Anda tahu apa itu penyakit batu empedu, penyebab penyakit batu empedu, gejala penyakit batu empedu, efek penyakit batu empedu, dan bagaimana cara mengobati penyakit batu empedu dalam dunia kedokteran? Jangan biarkan penyakit batu empedu bersarang di tubuh Anda karena efeknya akan sangat berbahaya. Mari kenali terlebih dulu penyakit batu empedu lebih jauh untuk mencegah dan dapat menangani penyakit batu empedu sejak dini.

Penyakit batu empedu menyerang organ kantung empedu. Batu empedu merupakan batuan kecil yang terbentuk dari kolesterol dan mengendap di kantung empedu manusia. Batu empedu muncul karena tidak adanya kemampuan kantung empedu untuk menyimpan empedu yang bentuknya cair dengan baik, hingga akhirnya cairan yang semestinya berbentuk cair, bertransformasi menjadi batu yang dapat menyumbat kantung empedu hingga menimbulkan infeksi.

Ukuran batu empedu di tiap penderita penyakit batu empedu bisa bermacam-macam. Ada yang seukuran butiran pasir, dan bahkan ada pula yang seukuran bola ping pong. Jumlah batu empedu di tiap penderita pun berbeda-beda. Ada yang hanya memiliki satu batu empedu, dan ada yang memiliki batu empedu dengan jumlah banyak.

Batu empedu umumnya tidak menimbulkan penyakit. Namun, bila batu empedu menyumbat saluran kantung empedu, hal ini bisa membahayakan penderitanya. Jangan remehkan penyakit yang ditimbulkan batu empedu, karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan menimbulkan komplikasi. Untuk itu, ada baiknya Anda peka terhadap sinyal yang diberikan oleh tubuh agar bisa langsung menangani penyakit batu empedu tanpa menunggu penyakit tersebut semakin parah.

Tanda-Tanda (Gejala)

Penyakit batu empedu memiliki beberapa gejala/ tanda-tanda yang bisa Anda curigai sebelum penyakit ini memperburuk keadaan tubuh Anda. Umumnya, gejala utama kemuculan penyakit batu empedu adalah sakit perut yang teramat sangat dan datang secara tiba-tiba. Gejala ini disebut sebagai kolik bilier. Barangkali pasien akan mengira bahwa gejala ini timbul bukan dari penyakit yang parah, namun Anda harus tetap waspada, bahwa ini adalah gejala kemunculan penyakit batu empedu.

 

Sakit perut gejala penyakit batu empedu dapat muncul di beberapa titik, bahkan sampai sakit menusuk tulang. Bagian-bagian yang akan terserang sakit bisa di titik kanan, kiri, tengah, atau atas perut. Tanda-tanda sakit perut yang timbul bisa beragam, antara lain

  1. Sakit perut berlangsung selama beberapa menit atau bahkan berjam-jam
  2. Rasa sakit tidak akan berkurang meski sudah kentut, muntah, atau buang air
  3. Sakit perut umumnya dirasakan setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi
  4. Sakit perut bisa muncul kapan saja.

Sakit perut merupakan tanda awal sebagai sinyal yang memberitahukan bahwa ada yang tidak beres pada batu empedu. Jika batu empedu sudah menyumbat saluran kantung empedu, penderita akan merasakan beberapa gejala lainnya seperti:

  1. Sakit perut terus-menerus secara berulang
  2. Demam tinggi
  3. Detak jantung cepat
  4. Diare
  5. Gatal-gatal
  6. Sakit kuning
  7. Sakit pada pundak
  8. Mual dan muntah

Jika Anda merasakan beberapa gejala di atas, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis untuk memastikan keadaan.

Penyebab

Penyakit batu empedu disebabkan oleh beberapa hal yang harus Anda waspadai

  1. Faktor usia. Penakit batuempedu umumnya dialami orang yang berusia 40 tahun ke atas
  2. Jenis kelamin. Perempuan lebih banyak terserang penyakit batu empedu, walaupun tidak menutup kemungkinan laki-laki akan mengalaminya juga.
  3. Pengaruh berat badan. Obesitas dan penurunan berat badan secara derastis akan menjadi penyebab munculnya penyakit batu empedu
  4. Dampak melahirkan. Perempuan setelah melahirkan akan memiliki risiko terkena penyakit batu empedu.

Penanganan dan Penyembuhan Penyakit Batu Empedu Menggunakan Bedah Laparoskopi

Jangan anggap remeh bila sejumlah tanda-tanda munculnya penyakit batu empedu ada pada diri Anda. Ada baiknya segera mengambil tindakan untuk menghilangkan batu empedu. Jika Anda merasa takut, tanyakan kepada orang yang telah memiliki pengalaman operasi batu empedu. Batu empedu dapat dihilangkan dengan berbagai cara, mulai dari operasi konvensional, operasi batu empedu menggunakan sinar laser, dan dengan bedah laparoskopi.

Bedah laparoskopi merupakan metode pengangkatan batu empedu modern yang banyak dipilih oleh penderita penyakit batu empedu. Bedah laparoskopi untuk pengangkatan batu empedu sangat direkomendasikan oleh spesialis bedah karena memberikan banyak keuntungan. Jika pada operasi konvensional, sayatan yang dibuat pada tubuh pasien mencapai 10-15 cm, bedah laparoskopi hanya membutuhkan 0,2 sampai 2 cm. Karena pembedahan dilakukan dengan memasukkan kamera ke dalam tubuh pasien dan melakukan pembedahan dari luar dengan mengontrol keadaan di dalam lewat kamera. Beberapa keuntungan yang didapatkan pasien dalam menjalankan bedah laparoskopi untuk mengangkat batu empedu adalah:

  1. Panjang sayatan lebih kecil dan tidak meninggalkan bekas
  2. Menurunkan kemungkinan infeksi
  3. Mengurangi rasa tidak nyaman pasca operasi
  4. Proses penyembuhan lebih cepat

Selain itu, dibandingkan dengan operasi pengangkatan batu empedu dengan laser, bedah laparoskopi menawarkan harga yang terjangkau. Biaya operasi batu empedu dengan laparoskopi akan lebih murah dan bisa ditanggung BPJS, sehingga bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang ingin sembuh dari penyakit batu empedu. Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis berkaitan dengan batu empedu ini. Anda pun bisa mendapatkan informasi mengenai bedah laparoskopi yang berkaitan dengan penanganan penyakit batu empedu.

Konsultasikan Dengan Dokter Spesialis

Dr spesialis batu empedu
Dr. Eko Priatno, SpB-KBD

Jangan remehkan penyakit batu empedu ini karena kalau di biarkan akan menjadi masalah besar. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit batu empedu terutama yang berhubungan dengan bedah digestif.

Anda bisa mencari dokter spesialis batu empedu di rumah sakit terdekat atau sebagai langkah awal anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli penyakit dalam (gastro) secara online. Dokter spesialis bedah digestif lah yang paling cocok untuk menangani masalah penyakit batu empedu ini.

Dr. Eko Priatno SpB-KBD salah satu dokter bedah digestif yang juga dokter spesialis batu empedu, wasir, hernia, usus buntu di Jakarta menyarankan untuk terhindar dari problem batu empedu sabaiknya anda menjaga pola hidup yang sehat, berolahraga, makan dan minuman sehat, tidak merokok.

Melalui artikel di halaman blognya (anda bisa juga disini) beliau sangat menyarankan agar kita senantasa selalu hidup sehat agar penyakit-penyakit dalam seperti batu empedu ini bisa terhindarkan.