Hemorrhoid
Hemorrhoid

Kenali Wasir Sejak Dini (Penyebab, Gejala, Efek dan Pengobatan Wasir)

Posted on

Apakah Anda tahu apa itu penyakit wasir? Penyebab wasir, gejala-gejala sakit wasir, efek penyakit wasir dan pengobatan wasir yang sesuai dengan dunia kedokteran? Marilah kenali wasir sejak dini, agar Anda dapat mencegahnya sejak dini juga. Wasir sering juga kita sebut dengan istilah ambeyen. Ambeyen ini salah satu gejala penyakit yang dalam istilah kedokteran adalah hemorrhoid.

Hemorrhoid ini adalah pembesaran sekelompok pembuluh darah balik atau vena yang berada di dalam anus. Walaupun wasir hanya penyakit biasa saja, namun anda jangan meremehkannya. Karena penyakit wasir ini kalau sudah parah akan dapat menyebabkan kendala yang sangat-sangat serius. jika Anda tidak mencegahnya sejak dini bukan hal yang tidak mungkin wasir bisa membuat hidup anda bagai didalam neraka.

Gejala, Penyebab, Efek dan Pengobatan Wasir

Oleh karenanya, sebelum terjadinya wasir ataupun juga ambeien yang sangat parah, Anda semuanya harus cermat dan juga mengenali beberapa penyebab wasir ini:

Tanda-Tanda (Gejala) Penyakit Wasir

Setidaknya ada beberapa tanda-tanda umum dan tanda-tanda khusus ketika gejala wasir itu menyerang anda seperti misalnya:

1. Rasa Panas di Anus

Jika Anda merasakan panas pada anus, hati-hati itu bisa jadi salah satu penyebab wasir. Rasa panas terdapat di anus ini salah satu akibatnya adalah penekanan yang terjadi pada vena yang sudah mulai membesar dibagian anus Anda.

2. Terdapat Darah

Pendarahan Wasir
Pendarahan Wasir

Terdapat darah segar yang keluar dari anus Anda adalah salah satu gejala tentang penyakit wasir ini. Maka dari itu Anda harus waspada. Hal ini lantaran salah satunya adalah pembuluh vena yang tipis sehingga mudah pecah, maka dari itu maklum jika kemudian terjadi pendarahan pada saat BAB.

3. Ada Benjolan

benjolan pada wasir
benjolan pada wasir

Pembesaran pembuluh darah bisa juga berbentuk tonjolan yang keluar dari anus Anda. Ini terjadi biasanya apabila sudah mulai terdapat benjolan yang artinya wasir ini sudah memasuki tahap selanjutnya.

Apabila tonjolan tersebut masih bisa dimasukan secara spontan di dalam anus Anda, hal itu memiliki arti bahwa wasir belum terlalu parah, namun Anda harus segera waspada dan carikan solusi pencegahannya.

4. Rasa Sakit pada Anus

Pengertian Wasir
Pengertian Wasir

Rasa sakit yang sering muncul di anus terutama selepas BAB adalah salah satu gejala wasir. Sakit dapat disebabkan dari pembuluh darah yang pecah, teruatama karena terdapat penekanan dari feses.

5. Rasa Gatal pada Anus

Rasa gatal yang terdapat di anus adalah salah satu gejala wasir. Hal ini biasanya disebabkan karena terjadi infeksi dari luka yang terjadi di pembuluh darah anus Anda yang pecah. Mengingat anus adalah saluran bermuaranya feses, maka peluang infeksinya pun cukup tinggi.

Penyebab Wasir

Penyebab Wasir
Penyebab Wasir

Salah satu penyebab wasir adalah dapat disebabkan oleh terlalu banyak duduk ataupun berdiri, faktor keturunan, sembelit sehingga tegang ketika buang air besar yang terlalu keras. Biasanya perempuan lebih rentan dibandingkan pria karena adanya pelebaran pembuluh vena pada saat menstruasi atau kehamilan pada wanita. Penyakit Wasir diakibatkan oleh bengkaknya urat dubur. Hal tersebut membuatnya sensitif terhadap iritasi.

Efek Wasir

Salah satu efek dari wasir ini adalah terjadinya abnormalitas pada tampilan fisik yang terjadi pada dubur dengan di perlihatkan oleh warna merah, hal ini terjadi karena adanya sebuah peningkatan sirkulasi darah pada daerah radang dan vasodilatasi dari kapiler.

Kemudian rasa panas pada calor yang di rasakan terjadi sebagai akibat dari adanya peningkatan sirkulasi darah di daerah bagian yang terkena radang. Terjadinya sebuah pembengkakan layaknya tumor yang di sebabkan dengan adanya eksudat pada jaringan yang terkena radang.

Pencegahan Wasir

Penyebab Wasir
Penyebab Wasir

Cara yang paling baik untuk melakukan pencegahan wasir ialah dengan menjaga feses Anda tetap lunak, sehingga mereka dapat melewatinya dengan mudah. Untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit wasir dan meminimalisasi gejala-gejala wasir, jalankan saran-saran berikut:

  1. Makan makanan berserat tinggi. Makan lebih banyak buah, sayuran dan biji-bijian. Menjalankan hal tersebut bisa melunakkan feses dan menaikkan curahnya, yang bisa membantu Anda meminimalisir ketegangan yang dapat mejadikan wasir. Menambahkan asupan makanan berserat ke diet Anda dengan perlahan-lahan untuk terhindar dari masalah dengan gas.
  2. Minum banyak cairan. Minum enam hingga delapan gelas air mineral sehari untuk membantu menjaga kotoran lunak.
  3. Masukan suplemen-suplemen yang mengandung serat. Mayoritas orang tak memperoleh cukup jumlah asupan serat kedalam tubuh sedangkan jumlah serata yang direkomendasikan adalah sebanyak 25 gram dalam sehari untuk perempuan dan 38 gram sehari untuk laki-laki – dalam makanan mereka. Riset telah memperlihatkan bahwa suplemen-suplemen serat yang dijual di pasaran yang terdaftar pada BPOM bisa memperbaiki keseluruhan gejala-gejala dan perdarahan dari wasir. Produk tersebut membantu menjaga feses tetap lembut dan bisa BAB secara teratur.
  4. Apabila Anda mempergunakan suplemen serat, pastikan untuk meminum sekurang-kurangnya 8 gelas air putih yang sehat dalam sehari hari. Jika tidak, suplemen bisa mengakibatkan sembelit.
  5. Dengan mencoba untuk menahan nafas ketika mencoba mengalirkan feses menciptakan tekanan yang lebih tinggi pada vena di rektum ujung.
  6. Jangan tunda-tunda BAB ketika sudah ada tanda-tanda ingin BAB.
  7. Olahraga dengan teratur karena bisa membantu meminimalisir sembelit dan meminimalisasi tekanan pada vena, yang dapat terjadi dengan periode berdiri atau duduk yang lama.
  8. Hindari waktu duduk yang lama. Duduk terlalu lama, terutama di toilet, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Hubungi Dokter

Segera untuk menghubungi dokter spesialis wasir bila anda mengalami hal-hal: Pendarahan selama gerakan usus. Dokter Anda dapat menjalankan pemeriksaan fisik dan melakukan tes lain untuk memastikan wasir dan menyingkirkan kondisi atau penyakit yang lebih serius.

Katakan kepada dokter Anda jika Anda tahu Anda memiliki wasir yang menyebabkan rasa sakit, sering berdarah (mengelurkan darah yang berlebihan atau kondisi pendarahan pada wasir tersebut tidak membaik walau Anda sudah melakukan tindakan dengan pengobatan rumah).

Yang harus anda ingat adalah: jangan berasumsi perdarahan rektal hanya diakibatkan oleh penyakit wasir saja, terutama sekali saat Anda sudag berumur di atas empat puluh tahun. Pendarahan rektum dapat terjadi atau diakibatkan oleh penyakit-penyakit lain seperti:

  • kanker kolorektal
  • kanker dubur (anus).

Ketika Anda mendapati pendarahan seiring dengan perubahan aktivitas BAB atau ketika feses berubah warna, buat konsultasi dengan dokter yang ahli terhadap penyakit wasir. Jenis-jenis feses ini bisa menandakan lebih banyak pendarahan di tempat lainnya pada saluran pencernaan Anda carilah perawatan darurat jika Anda mengalami perdarahan rektum dalam jumlah besar, pusing atau malah sampai pingsan pingsan.