Hemorrhoid
Hemorrhoid

Penanganan Wasir Oleh Dokter Spesialis Wasir

Posted on

Penanganan Dokter spesialis wasir terhadap pasien penderita wasir pada masa sekarang ini tidaklah “menyeramkan” seperti pada masa sebelumnya sebab Dokter spesialis wasir akan menerapkan prosedur bedah yang berbeda-beda tergantung dari jenis wasir yang di derita oleh pasien. Menurut Dokter ahli bedah digestif yaitu Dokter Eko Priatno SpB-KBD pasien dapat berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menentukan proses bedah yang akan di jalankannya.

Dokter Spesialis Yang Menangani Wasir

Dokter spesialis wasir di JakartaInformasi lengkap tentang wasir seperti penyebab wasir, gejala wasir, resiko penyakit wasir bisa anda baca pada artikel kami yang terdahulu disini. Adapun prosedur untuk penanganan wasir yang dilakukan oleh Dokter spesialis ahli wasir yang terbaik dan yang direkomendasikan adalah dengan menjalankan prosedur bedah demikian menurut Dr Eko Priatno SpB-KBD (Dokter bedah digestif dan laparoskopi di Jakarta yang menangani masalah wasir).

Menurut artikel tentang wasir yang bisa anda baca juga pada url ini  http://www.ekopriatno.com/wasir/ di jelaskan bahwa ada empat prosedur penanganan wasir yaitu: Operasi konvensional, Longo Stapled Haemorrhoidopexy, ransanal Haemorrhoidal Dearterialisation (THD) dan Laser Hemorrhoidectomy.

Dokter Yang Cocok Untuk Wasir/Ambeien

Ambeien adalah nama lain dari wasir dan dokter yang cocok untuk menangani ambeien biasanya disebut dengan Dokter ahli gastro. Gastro atau Gastrolog adalah istilah kedokteran yang berkaitan dengan penyakit-penyakit dalam seperti: wasir, hernia, saluran pencernaan, batu empedu (baca juga artikel kami tentang: Dokter Spesialis Gastro).

Dokter Eko Priatno SpB-KBD termasuk Dokter ahli Gastro (Dokter ahli bedah digestif) yang juga menangani penyakit ambeien. Bila ada pertanyaan “kalau mau periksa ambeien ke dokter apa?” maka jawabnya adalah ke Dokter spesialis gastro tentunya.

Bila anda memiliki masalah dengan wasir dan ingin berkonsultasi lebih dalam tentang prosedur penanganan wasir anda bisa melaukannya bersama Dokter spesialis yang menangani wasir setelah mendapatkan rujukan atau rekomendasi dari dokter umum tentunya.

Penanganan Pertama Pada Wasir

Gejala-gejala wasir (hemoroid) dapat lenyap sendiri setelah beberapa hari (umumnya 4-5 hari) meskipun tanpa ada penanganan yang intensif. Bila anda sedang hamil Wasir yang terjadi saat masa kehamilan akan menghilang dengan sendirinya selepas Anda melewati proses persalinan. Tetapi untuk kondisi yang lainnya merubah kebiasaan buruk dengan merubah pola hidup Anda yang tidak sehat wajib anda lakukan untuk meminimalisir rasa sakit didalam pembuluh darah anus dan sekelilingnya. Beberapa pola gaya hidup yang tidak sehat yang bisa mendatangkan wasir ialah:

  1. Kurang mengkonsumsi mineral water sesuai anjuran kesehat
  2. Sering meminum minuman yang mengandung kaefein dan alkohol
  3. Kurang mengkonsumi makanan berserat
  4. Sering menunda buang air besar
  5. Kurang berolahraga
  6. Terlampau banyak mengkonsumsi karbohidrat yang menyebabkan obesitas

Merubah pola gaya hidup yang tidak sehat tadi pun mampu menurunkan resiko wasir untuk kembali lagi pasca pembedahan serta dapat juga mencegah munculnya wasir. Selain itu, terdapat obat-obatan yang bisa dibeli atau diresepkan oleh dokter spesialis wasir. Obat tersebut mempunyai fungsi untuk mempermudah anda ketika melakukan buang air besar. Ada pula obat luar (obat oles) dapat langsung dipakai pada bokong Anda atau ada tablet yang dapat dibeli di apotek secara bebas.

Untuk manangani wasir yang tambah parah solusi terpastinya adalah dengan mengunjungi dokter spesialis ahli wasir untuk berkonsultasi dan merencanakan pengobatan wasir sesuai dengan jenis dari penyakit wasir itu sendiri (baca juga: pasien yang sudah sembuh dari penyakit wasir).